Fungsi Es Batu Dalam Membuat Bakso

Fungsi Es Batu Dalam Membuat Bakso - Bagi yang ahli dalam membuat bakso tentu sering menggunakan es batu saat pencampuran daging dengan bahan bahan lain. hal ini menimbulkan pertanyaan bagi mereka mereka yang mungkin baru mencoba membuat bakso.

Bagi yang sudah mahir membuat bakso, tentu tau bagai mana hasilnya pentol bakso yang dibuat tanpa es batu dan pentol yang dibuat dengan es batu. lalu bagaimana cara es batu membuat pentol semakin mantap, kenyal dan enak. informasinya dibawah ini.

fungsi es untuk bakso

Funsi es batu dalam membuat bakso

1. Menurunkan suhu saat menggiling adonan
Jika hanya untuk pelarut mungkin bisa menggunakan air biasa. namun pada saat penggilingan bahan bahan bakso menggunakan alat, tentu alat tersebut memiliki kecepetan tinggi yang menumbulkan panas. dengan suhu panas tersebut, bisa membuat protein daing rusak, hasilnya adonan bakso nantinya kurang baik dan kurang enak saat di nikmati. jadi selain sebagai pelarut, penggunaan es batu dalam membuat bakso adalam menurunkan suhu adonan.

2. Penghambat pertumbuhan bakteri
Saat pencincangan bahan bahan dengan alat, biasanya dengan suhu 16 derajat keatas. hal ini menyebabkan pencampuran antara zat bahan bahan bakso kurang stabil, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri. jadi disinilah fungsi es batu dalam pembuatan babkso, sebagai penghambat bakteri karena mampu menurunkan suhu pada alat pencampur bakso

3. Pengenyal pentol bakso
Penggunaan es batu membuat adonan lebih encer, semakin encer adonan bakso, semakin banyak pula pentol yang dapat kita hasilkan nantinya. lalu apa akan baik untuk adonan, jika terlalu encer?. ancer artinya kandungan cairan dalam adonan banyak. hal ini baik jika bisa diikat dengan pengenyal bakso. jadi permasalahan bakso yang kurang kenyal dapat teratasi dengan Es batu

Bagi yang ingin mebuat bakso, silahkan baca cara membuat bakso sapi yang kenyal.[rn]