Resep kuping gajah, kue populer di hari lebaran

Kuping gajah, merupakan kue suguhan wajib saat perayaan lebaran yang pasti kepopulerannya tidak kalah jika dibandingkan dengan kue nastar. renyah beserta rasa yang ditawarkan kuping gajah tentu sangat enak, sehingga kebanyakan bunda memilih kue ini sebagai koleksi sajian idola untuk para tamu dihari lebaran atau hari spesial lainnya.

Selain itu, karena kupung gajah termasuk kue kering yang tekjsturnya awet alis tahan lama. alih alih para bunda sering menjadikan kue ini sebagai persedian cemilan untuk disuguhkan kapansaja, jika ada tamu mendadak.

Ditoko atau maupun pasar pastinya begitu banyak yang menawarkan kue lembaran yang satu ini, kepada pembeli. namun sebagai aktris dapur, bunda tentunya penasaran dan tidak puas jika belum bisa menyuguhkan kuping gajah  buatan sendiri yang berkelas layaknya kuping gajah yang biasanya dijual dipasar baik di toko. jadi resep kuping gajah yang sudah saya post ini, mudah mudahan para bunda bisa mempelajarinya sekaligus diperaktekan di dapur masing masing.

Resep kuping gajah

Bahan 
  1. tepung terigu 300 gram, ayak
  2. mentega 2 sendok makan
  3. coklat bubuk 1,5 sendok makan
  4. gula halus 75 gram
  5. telur 1 butir
  6. vanili 1/4 sendok teh
  7. garam 1/2 sendok teh
  8. santan 75 ml dari 1/2 butir kelapa, masak dan dinginkan
Cara membuat
  1. Terigu yang telah bunda ayam, silahkan campur dengan : gula, vanilli, mentega serta garam. jangan lupa diaduk supaya bahan tercampur menjadi satu
  2. Sekarang masukan telur disusul masukan santan sambil diaduk sampai kalis. saat menuangkan santan, lalukan secara berkala alias bertahap
  3. Siapkan lagi wadah untuk membagi adonan. berikutnya pisahkan adonan sebanyak 1/4 lalu campurkan dengan coklat bubuk 
  4. Jika sudah benar benar tercampur dengan coklat, selanjutnya gilas adonan tersebut. gilas juga adonan lain, yaitu adonan sisa yang berwarna putih kekuningan alias warna natural.
  5. Selanjutnya taruah adonan yang warnanya coklat diatas adonan putih, tekan perlahan supaya kedua adonan tersebut menempel erat. 
  6. Jika adonan warna putih dan coklat telah menempel jadi satu, silahkan gulung supaya adonan berbentuk silinder dan padat
  7. Dinginkan adonan dalam lemari es alias kulkas selama 2 jam atau sampai adonan mengeras. 
  8. Jika adonan sudah beneran mengeras, silahkan potong tipis adonan tersebut. biar lebih tipis, gilas adonan yang sudah dipotong tadi.
  9. Kalo adonan udah dipotong semua, tinggal goreng aja sampai matang. 
Resep kuping gajah yang saya post ini, tujuannya agar para bunda bisa membuat kue lebaran yang enak untuk disuguhkan kepada para tamu nantinya. pelajari juga resep kue nastar paling renyah bikin tamu betah.