Meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Nyahosiah Sehat - Kesibukan dengan aktivitas sehari hari serta perubahan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Jika daya tahan tubuh lemah, bisa saja membuat orang tersebut drop dan jatuh sakit. jadi kekebelan tubuh merupakan faktor penting, agar seseorang dapat sehat dan selalu bugar meskipun aktivitas yang begitu menguras tenaga dan cuaca yang ekstrim.

Meningkatkan daya tahan tubuh - Agar daya tahan tubuh kuat, teentunya banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. lalu bagaimana, jika aktivitas yang begitu padat membuat seseorang tidak bisa melakukan hal diatas ? Tidak perlu kuwatir, dibawah ini saya sudah menulius beberapa tips yang menjadi cara alami meningkatkan daya tahan tubuh

kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh

1. Atasi stres dengan Benar
Lakukanlah beberapa kegiatan yagn benar untuk menurunkan tingkat stres. karena stres dan kekebalan berjalan beriringan. jadi Stress yang ekstrim dapat mengurangi sel pembunuh alami dan membuat tingkat kekebalan berkurang. itu sebabnya, orang yang sering stres mengalami penuaany yang lebih cepat. karen metabolisme tubuh lambat dalam melakukan regenerasi sel kuli mati.

2. Istirahat secukupnya
Kurang tidur meningkatkan kadar protein yang terkait dengan peradangan dan mengurangi kekebalan tubuh alami. Pastikan Anda tidur minimal 7 sampai 8 jam setiap malam.

3. Berjalan-jalan atau Beraktivitas Ringan
Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kekebalan tubuh secara alami. Penelitian menunukkan, orang yang berolahraga selama 5 hari dalam seminggu lebih tahan terhadap pilek dan flu.

4. Konsumsi cukup vitamin C
Vitamin C membantu menghasilkan komponen yang lebih alami untuk membunuh kuman. 400 miligram vitamin C diperlukan per hari. Vitamin C alami bisa didapatkan dari paprika, jeruk, atau strawberry.

5. Cukupi Kebutuhan Vitamin D
Ternyata kekurangan vitamin D dapat mengurangi sistem imun pada tubuh, pastikan kebutuhan vitamin D anda terpenuhi. Konsumsi dari susu, sereal, ikan salmon, dan telur.

6. Konsumsi Buah dan Sayuran
Kandungan nutrisi pada buah-buahan dan sayuran dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

7. Konsumsi Ikan
Asam lemak esensial omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Jika Anda seorang vegetarian dan tidak tahan aroma ikan, makan suplemen minyak ikan.

8. Konsumsi Zat Besi
Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan dapat melawan sel kanker. 12 miligram kebutuhan sehari dapat diperoleh dari kepiting, kerang, daging unggas, kacang-kacangan, kacang mete, dan yoghurt.

9. Konsumsi Biji-Bijian
Beras coklat, gandum, barley, dan bentuk-bentuk serupa lainnya dari gandum mengandung komponen yang kaya nutrisi seperti serat, protein dan anti-oksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Konsumsi Kacang-kacangan
Sangat bermanfaat bagi jantung yang sehat, kandungan Vitamin E mampu meningkatkan respon kekebalan tubuh.

Sumber gambar : http://4lifetfid.wordpress.com/2011/02/04/apa-sistem-imun-sistem-kekebalan-tubuh-itu/

10 poin diatas merupakan tips atau cara mengingkatkan kekebalan tubuh. selain poin diatas, tentunya masih banyak lagi tips supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dan meningkat. baca juga info yang tidak kalah menari yaitu manfaat kulit manggis untuk kesehatan